Cara Membuat Home Recording Sederhana, Murah, Berkualitas


Cara membuat home recording - Karena kebanyakan dari kita telah menyadari, bahwa kita telah hidup di era modern apapun bisa di buat di rumah salah satunya home recording. Dengan satu leptop yang memiliki spesifikasi yang cukup dan beberapa tambahan hardware lainnya sudah dapat menghasilkan rekaman yang bagus dan mungkin dapat menyaingi kualitas studio mahal. 

Namun, bagi pemula tentu banyak proses-proses yang harus dilalui untuk menemukan hasil suara yang diinginkan seperti proses tentang hardware yang cocok, mixing dan mastering dan sebagainya.  Mungin untuk mixing dan mastering perlu melalui tahap proses bertahun-tahun dahulu.
 
Untuk membuat home recording sederhana ada berbagai kebutuhan yang perlu Anda siapkan. Meski sederhana jika sungguh-sungguh menggarapnya maka hasil yang didapatan juga tidak akan kalah dengan hasil studio rekaman proesional.
 

 

Hal yang dibutuhkan untuk membuat home recording:


1 Sebuah Preamp

 


Pertama yang di butuhkan untuk mendapatan suara gitar atau vokal yang bagus adalah dengan menggunakan  pream. Pream anag bagus adalah yang memiliki harga berkisaran $50 anda bias mmbli di toko music terdekat, dengan ini Anda akan mendapatan suara yang lebih bervolume dan lebih baik tentunya.  

Perlu diingat bahwa Pream membutuhkan kabel audio yang seimbang seperti TSR atau kabel XLR. Jangan menggunakan kabel instrument langsung untuk menghubungkan ke pream. Silahkan searching google untuk cara memasang pream.
 

2. Mikrofon Condenser

 


Dalam sebuah home recording mic condenser adalah hal yang wajib dibeli. Perbedaannya dengan mic dinamis adalah mic ini dirancang untuk menangkap suara yang lebih detail. 

Kelebihannya adalah Anda juga dapat merekam instrument lain dengan mic ini misalnya akustik gitar, mandolin, banjo, rebana, kajon dan sebagainya. Anda bias membeli mic condenser Rode NT1A, mikrofon berdiafragma besar ini sangat bagus untuk home recording.
 

3. Software

 


Selain memiliki software secording Anda juga diharuskan untuk menguasai setiap software tersebut. Misalkan mana yang cocok untuk keperluan DAW reverb, compressor, EQ,saturation, effek-effek gitar dan lain-lain. Software yang dapat Anda gunakan seperti:

DAW bahasa gampangnya adalah tempat meletakan track-track yang di rekam dan kemudian di mixing sedemikian rupa. Untuk softwarenya sendiri anda bias menggunakan CUBASE STEINBERG (versi berapapun), Nuendo 4,5, Pro tools, Presonus Studio one, Mixcraft, Fl Studio. Bagi Anda yang suka dengan music Hip-hop, Dj dan sebagainya cocok menggunakan fl studio. Dan jika anda perlu autotune atau mengatasi fals pada vocal bias menggunakan DAW Cubase karena disitu ada fitur untuk mengatur suara yang terdengar fals.
 
Selanjutnya untuk Mixing & mastering Anda dapat menggunakan software Softube ( Effek, reverb, compressor, EQ ), namun saya rekomendasikan untuk reverb Anda dapat menggunakan Lexicon PCM. Untuk mastering Anda bias menggunakan Wavelab 6, 7 LE. Nah selain itu Anda juga bias mengkolaborasikan dengan vst-vst lainnya. Silahkan cek berbagai vst/plugins di sini.
 

4. Monitor 

 


Untuk memonitoring lagu diperlukannya monitor berupa headphone atau speaker khusus monitor. Speaker monitor memiliki karakteristik yang natural tanpa ada pilihan trabel, middle atau bass. Jadi suara yang dikeluarkan apa adanya saja. Menurut saya monitor wajib Anda miliki. Monitor yang murah bisa menggunakan M-Audio AV40. 
 

5. Soundcard

 


Selanjutnya adalah soundcard. Soundcard external memiliki kualitas berbeda dengan soundcard bawaan dari computer. Silahkan baca artikel tentang Pengertian dan fungsi soundcard untuk mengetahui soundcard secara detail.  Anda dapat membeli Soundcard yang harganya terjangkau dan berkualitas bagus seperti Focusrite Scarlett 2i4, Steinberg C2, M-Audio, atau Behringer u-Phoria UMC202. Bagi Anda yang menggunakan Drum Virtual (Ezdrummer, Addictive drum, dll) Soundcard 2 chanel sudah cukup untuk keperluan home recording.

Tips untuk mixing dan mastering adalah memperbanyak referensi pada website-website atau youtube yang membahas tentang cara mixing. Karena mixing adalah bagian yang tersulit dalam proses ini, perlu waktu lama untuk benar-benar memahaminya.
 
Sekian artikel kali ini tentang cara membuat home recording murah, sederhana, berkualitas. Semoga bermanfaaat trimakasih.


Nama Anda
New Johny WussUpdated: 6:57:00 PM

0 comments:

Powered by Blogger.
CB